Pemasaran via Internet, bagaimana caranya?

Banyak orang yang belum paham dengan cara-cara memasarkan produk atau jasanya via internet seringkali jatuh kecewa karena feedback yang diharapkan tak kunjung datang seperti bayangan. Ini bukan cuma dialami oleh kita-kita yang berada di Indonesia tapi juga secara global di seluruh dunia.

Menjual atau menawarkan produk via fasilitas online juga mempunyai tata cara tertentu yang disebut etika dunia maya. Itu artinya bukan hanya sekedar bisa membuat blog atau website yang bagus dan sedap dipandang atau canggih saja, tetapi juga harus belajar cara-cara bergaul dan sekaligus menjalankan trik-trik pemasaran dengan sopan dan tepat sasaran.




Sejujurnya, tampilan Website atau Blog yang cantik terbukti tidak menjadi jaminan bahwa hal itu pasti mendatangkan uang atau pelanggan setia baru. Disini kita bisa melihat contoh bagus dari Blog Marketing Terbaik di dunia versi Blogger's Choice Awards! Dan tampilannya? Menurut saya sama sekali tidak menggairahkan untuk disimak...namun hasil yang dicapai Blog ini ternyata luar biasa bukan? Poin utamanya adalah konten. Ya! Para pengunjung blog itu merasa isi blog tersebut sangat variatif, berguna dan cukup lengkap, itu sebabnya mereka mengunjungi dan memilihnya.


Walaupun saya termasuk orang yang memilih tampilan blog oke dengan konten oke,...hehehe....saya pribadi menemukan bahwa isi Blog ini memang cukup informatif dan bermutu. Dalam artian bukan blog yang memindah-mindahkan orang dari link ini ke link anu. Ditambah dengan adanya kelengkapan tombol-tombol interaktif / buttons yang memudahkan pengunjung untuk menghubungi si empunya blog dan sebaliknya. Banyak blog cantik yang melupakan bahwa interaksi dengan pengunjung adalah sumber feedback yang paling dashyat. Bagaimana pelanggan mau memesan jika menghubungi pemiliknya saja sulit?



Selain kedua hal itu di atas; Tampilan Blog/ Desain Web dan Tombol-tombol Interaktif, hal ketiga yang juga merupakan hal yang ter-penting dari semuanya adalah konten/ isi blog itu sendiri. Pengunjung yang berselancar di dunia maya khususnya yang diharapkan menjadi konsumen biasanya bukan orang yang dapat berlama-lama di depan internet. Kebalikan dari para marketers yang justru harus berlama-lama surfing, para costumer itu sendiri justru orang-orang yang biasanya amat sibuk. Terlalu sibuk hingga mereka memerlukan bantuan Google untuk mencarikan mereka informasi tentang berbagai hal yang mereka butuhkan, menyeleksinya dan menghubungi untuk melakukan negosiasi pembelian. Jadi apa yang mereka perlukan adalah jawaban yang selengkap-lengkapnya tentang produk atau jasa yang mereka cari. Informasi!


Blog Businessvartha ini menyediakan semua itu. Lihat saja potongan tampilan blog tersebut di atas dengan diagram balon SEO-nya yang menarik dan mudah dimengerti. SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimazation atau artinya "pengoptimalan mesin pencari". Yang disebut mesin pencari salah satunya yang paling banyak digunakan adalah Google dan Yahoo!. SEO sendiri adalah pengetahuan mengenai bagaimana kita bisa membuat blog atau web kita jadi mudah ditemukan oleh mesin-mesin pencari tersebut sehingga saat pelanggan mengetikkan apa yang mereka perlukan, mereka menemukan kita! Inilah kunci ke-4 dari pemasaran online dan Nomor dua terpenting setelah konten.

Mempelajari tentang SEO tak ada batasannya karena terus berubah seiring kemajuan teknologi dan persyaratan masing-masing mesin pencari. Namun keempat poin yang sudah saya beritahukan tadi pada teman-teman adalah langkah awalnya! :)

Next time saya akan coba membahas beberapa cara kunci dan rahasia SEO ini. Salah satunya adalah kita tidak perlu selalu menjadi nomor 1 di Google atau Yahoo! untuk mendapatkan pelanggan....:))

Jadi tetaplah mengunjungi blog ini, mengisikan alamat Email di kotak yang tersedia atau membuat Link Posting ke artikel ini adalah salah satu cara termudah dan paling praktis guna mendapatkan kabar terbaru via email kalian tanpa harus bolak-balik mengecek blog ini.

"Original blog posting and written by adhinatalia"
search me on any social media using my name
-adhinatalia-

Creative Commons License

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Kita tidak hanya berupa keberadaan fisik saja, tetapi kita merupakan suatu keberadaan yang berangkap-rangkap. Kita sangatlah agung dibandingkan dengan apa yang dapat kita bayangkan mengenai diri kita. Semakin dalam kita memasuki atmosfir alam yang misteri, makin banyak yang dapat kita temukan tentang diri kita: bahwa kita berada di dalam berbagai tingkat kesadaran pada waktu yang sama ketika kita berada di sini dan saat ini dalam planet fisik ini. Pergi ke surga bukanlah berarti kita harus pergi ke mana-mana, atau mati dulu. Kita dapat saja menyebutnya 'sekarat', tetapi kita masih tetap dapat hidup dan berfungsi di dunia ini sementara melihat surga atau menghubungi Tuhan pada waktu yang bersamaan. Dengan melalui berbagai tingkat dalam Diri kita, Kesadaran kita, kita dapat mengunjungi berbagai tempat tinggal Tuhan, dan kemudian kita akan menemukan bahwa apa yang Alkitab katakan adalah benar adanya, Kita adalah kuil dari Tuhan dan Roh Kudus bersemayam di dalam diri kita.
Diberdayakan oleh Blogger.