Cara Alfian untuk Desain Blog Terbaik

Desain suatu blog sangat berpengaruh terhadap keunikan suatu blog dan hal yang unik adalah salah satu daya tarik untuk memikat para pengunjung. Setelah pengunjung menemukan suatu keunikan pada blog kita, maka mereka akan rela berlama-lama dan sering-sering mampir sekedar membaca-baca atau sekedar mempelajari hal-hal yang unik menurut mereka. Ada banyak hal yang bisa membuat blog kita menjadi unik bagi para pengunjung salah satunya adalah desain blog.
Kaidah Sederhana untuk Desain Blog Terbaik
Untuk mendesain suatu blog diperlukan keahlian pada beberapa bahasa pemrograman web desain, diantaranya pengetahuan tentang koding CSS (Cascading Style Sheet) untuk mengatur tata letak dan kombinasi warna, XHTML untuk mengatur tata letak dan urutan baik itu menu atau informasi penting lainnya, dan JavaScript untuk membuat suatu desain web yang dinamis.
Sebelum kita menuliskan kode-kode sebagai dasar desain blog, sebaiknya ikuti kelima langkah dibawah ini untuk menentukan suatu desain blog yang terbaik.
  • Pikirkan fokus utama dari blog kita, informasi apa yang akan kita berikan kepada para pengunjung. Dengan begitu kita akan dapat menempatkan posisi dari suatu elemen halaman yang penting untuk para pembaca blog kita. Dan mereka akan dengan mudah menemukan informasi yang diperlukannya.
  • Organisasikan elemen-elemen halaman agar posisinya mudah dijangkau oleh para pembaca dan dapat terbaca dengan baik. Desain sederhana terbaik misalkan pada bagian sebelah kiri (sidebar) terdapat kumpulan judul artikel-artikel terbaru dan artikel-artikel terpopuler (paling banyak dibaca). Pada bagian halaman artikel terdapat kumpulan artikel-artikel yang terkait, kumpulan komentar dan kotak komentar.
  • Optimalkan penggunaan jumlah link pada halaman artikel. Hindari menyisipkan informasi-informasi yang sama dan terlalu banyak link karena hal ini juga mempengaruhi kenyamanan pembaca dalam menelusuri blog kita.
  • Tentukan jumlah tombol jaringan sosial untuk membagikan artikel kita dan integrasikan secara harmonis dengan desain halaman blog kita. Tombol jaringan sosial sangatlah bermanfaat untuk membantu meningkatkan popularitas artikel kita dan meningkatkan jumlah kunjungan pada blog kita. Tetapi bukan berarti semua tombol jejaring sosial kita sertakan pada halaman blog, pilihlah jejaring sosial yang paling banyak digunakan. Twitter, Delicious, Facebook dan Google Buzz adalah situs jejaring sosial yang terbukti dapat meningkatkan jumlah kunjungan (traffic) pada blog-blog profesional.
  • Buatlah elemen iklan seminimal mungkin serta hindari (atau buang) iklan-iklan dari dalam artikel blog kita. Periklanan adalah pokok utama untuk nilai sebuah artikel pada blog kita. Tetapi pikirlah ulang, sebagai seorang pembaca, kita umumnya membenci halaman-halaman blog yang dipenuhi dengan banner dan atau jenis-jenis periklanan yang menjejali suatu halaman artikel. Kurangilah periklanan pada blog kita, dan sediakanlah ruang iklan hanya pada sidebar, karena menurut para blogger profesional posisi inilah yang terbaik untuk menempatkan iklan serta umumnya para pembaca menyukai posisi ini, selain indah juga tidak mengganggu acara "ngubek-ngubek" artikel blog.
Selamat menelaah dan semoga kita bisa menjadi bagian dari blogger-blogger besar... Happy Blogging :)

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Kita tidak hanya berupa keberadaan fisik saja, tetapi kita merupakan suatu keberadaan yang berangkap-rangkap. Kita sangatlah agung dibandingkan dengan apa yang dapat kita bayangkan mengenai diri kita. Semakin dalam kita memasuki atmosfir alam yang misteri, makin banyak yang dapat kita temukan tentang diri kita: bahwa kita berada di dalam berbagai tingkat kesadaran pada waktu yang sama ketika kita berada di sini dan saat ini dalam planet fisik ini. Pergi ke surga bukanlah berarti kita harus pergi ke mana-mana, atau mati dulu. Kita dapat saja menyebutnya 'sekarat', tetapi kita masih tetap dapat hidup dan berfungsi di dunia ini sementara melihat surga atau menghubungi Tuhan pada waktu yang bersamaan. Dengan melalui berbagai tingkat dalam Diri kita, Kesadaran kita, kita dapat mengunjungi berbagai tempat tinggal Tuhan, dan kemudian kita akan menemukan bahwa apa yang Alkitab katakan adalah benar adanya, Kita adalah kuil dari Tuhan dan Roh Kudus bersemayam di dalam diri kita.
Diberdayakan oleh Blogger.